Apa Saja Peraturan Bulu Tangkis Yang Wajib Diketahui

Seperti kita ketahui setiap permainan olahraga memiliki peraturan untuk para pesertanya yang ditetapkan oleh induk organsasi. Tidak terkecuali badminton atau bulu tangkis olahraga yang dapat dimainkan oleh dua orang disebut partai tunggal atau bisa juga dua pasang atau partai ganda yang saling berhadapan.

Peraturan bulu tangkis ditetapkan oleh IBF yang sekarang berganti menjadi BWF (Bandminton World Federation) sebagai induk organisasi badminton tertinggi. Mulai dari ukuran lapangan sampai dengan sistem perolehan angka/poin telah diatur.

Lalu apa saja peraturan bulu tangkis yang wajib diketahui? bagi yang belum mengerti ada penjelasan singkat mengenai hal tersebut. Karena penting terutama bagi pemula sebelum mengerti cara bermain bulutangkis tentu harus tahu juga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada pertandingan bulu tangkis.

Peraturan Bulu Tangkis Yang Wajib Diketahui

Cara Melakukan Servis/Service
Yang pertama kali dilakukan dalam pertandingan bulu tangkis adalah servis yaitu pemain memukul shuttlecock kepada lawan. Posisi servis dilakukan diagonal atau menyilang (jika genap dikanan dan ganjil dikiri).

Kok harus menyebrangi net dan tidak boleh melewati garis yang ditentukan karena ada perbedaan bidang servis pada sektor tunggal dan ganda Jika shuttlecock jatuh di luar atau tidak sampai (garis diantara net dan bidang servis) maka penerima servis dinyatakan out/keluar dan yang mendapat angka.

Cara Servis Berdasarkan Peraturan Yang ditetapkan 

Apa Saja Peraturan Bulu Tangkis Yang Wajib Diketahui
 gambar: https://www.youtube.com/watch?v=yaEfnpA9rus
  • Ketika melakukan servis, tinggi frame atau kepala raket posisinya harus berada dibawah pegangan raket.   
  • Kemudian posisi shuttlecock harus berada di bawah pinggang. 
  • Gerakan mengayun raket harus dalam satu gerakan atau rangkaian.
  • Lawan atau penerima servis bergerak setelah kok diarahkan kepadanya (diservis.)

Kesalahan Dalam Melakukan Servis

  • Ketika shuttlecock dipukul, kepala atau frame raket lebih tinggi atau sejajar dengan gagang raket.
  • Posisi shuttlecock lebih tinggi dari pinggang. 
  • Menginjak garis baik yang melakukan dan penerima servis.
  • Penerima servis bergerak terlebih dahulu sebelum bola dipukul. 
  • Gerakan mengayun raket terputus atau mengayun raket tidak dalam satu rangkaian.

Sistem Terbaru Perhitungan Poin Permainan Bulu Tangkis

Pada bulan Mei 2006 sistem reli 3x21 poin yang digunakan untuk pertandingan atau kejuaraan resmi bulu tangkis. Berlaku untuk tunggal atau ganda maupun untuk putra atau putri. Artinya tidak ada perbedaan sistem perolehan angka karena peraturan poin badminton sebelumnya ada perbedaan satu set tunggal putra terdiri dari 15 poin sementara tunggal putri adalah 11 poin.

Untuk sistem reli poin setiap seorang pemain/pasangan melakukan kesalahan, lawan langsung memperoleh poin. Pemain dinyatakan menang apabila telah memenangkan dua set permainan tetapi apabila baru menang satu set maka akan dilanjutkan dengan rubber set.

Dengan acuan jika kedudukan angka 20 sama, pertandingan akan dilanjutkan untuk memperebutkan dua nagka atau jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 22).Tetapi jika poin sana kembali misal 22 sama akan diteruskan. Dan posisi skore 29 sama, tidak lagi diberlakukan jus (permainan akan berakhir pada poin 30)

Waktu Istirahat

  • Salah satu pemain atau pasangan memiliki poin telah mencapai 11 poin, kemudian pemain mendapatkan jeda waktu 60 detik.
  • Dan waktu yang diperbolehkan untuk jeda antar set adalah 2 menit. 
  • Kemudian pada set ketiga (jika pertandingan menjadi rubber set) kedua tim berganti sisi lapang ketika mencapai 11 poin.

Ukuran Lapangan Bulu tangkis

Apa Saja Peraturan Bulu Tangkis Yang Wajib Diketahui
Lapangan bulu tangkis dapat dibuat indoor atapun outdoor, namun dimanapun itu untuk ukuran lapangan harus sesuai dengan peraturan bulu tangkis. Yaitu harus memiliki ukuran panjang 13,40 meter dan lebar 6,10 meter dengan tebal  garis lapangan badminton 40 mm (1½ inci).

Yang harus diingat ada perbedaan ukuran yang digunakan untuk tunggal dan ganda, berikut perbedaanya untuk tunggal Panjang lapangan 13,40 meter, Lebar bidang lapangan ketika yang digunakan : 5,18 meter, kemudian Panjang bidang penerima servis: 4,72 meter dan Lebar bidang permainan penerima servis : 2,59 meter.

Sementara untuk permainan bulu tangkis ganda Panjang bidang permainan 13,40 meter dengan Lebar bidang permainan 6,10 meter. Kemudian Panjang bidang penerima servis 3,96 meter dan Lebar bidang penerima servis 3,05 meter.

Tinggi net

Apa Saja Peraturan Bulu Tangkis Yang Wajib Diketahui
gambar: https://www.badmintonbible.com/shots/forecourt/net-shots/cross/simple

Posisinya berada dibagian tengag lapangan, net berdiri dengan tinggi 155 cm di bagian tepi. Net berfungsi sebagai pembatas antara dua bidang permainan yang diikat pada kedua tiang disamping kanan dan kiri.

Shuttlecock/kok

Apa Saja Peraturan Bulu Tangkis Yang Wajib Diketahui

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kok yaitu bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Berdasarkan peraturan BWF shuttlecock terdiri dari16 buah helai bulu.

Kemudian semua bulu diwajibkan memiliki panjang yang sama yaitu antara 62 mm dan 70 mm. Dan ujung dari bulu angsa tersebut membentuk lingkaran dengan panjang diameter antara 58 mm dan 68 mm, semua bulu kemudian disatukan supaya kuat.

Terakhir pangkal kok (yang nantinya dipukul raket) berbentuk setengah bola harus memiliki panjang diameter antara 25 mm dan 28 mm. Jadi secara keselurahan berat kok/bola harus berkisar antara 4,47 gram dan 5,50 gram.

Demikianlah apa saja peraturan bulu tangkis yang wajib diketahui sebagai pemain supaya ketika bermain tidak mengalami kebingungan, sekian terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon