Begini Cara Main Badminton Buat Pemula Supaya Dapat Pegang Raket Dengan Benar

Di Indonesia selain sepakbola olahraga yang paling banyak digemari adalah badminton, apalagi Indonesia memiliki atlet badminton atau bulutangkis yang telah mengharumkan nama bangsa dengan menjuarai berbagai turnamen dunia. Sebut saja pasangan ganda Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon yang sekarang berada di rangking 1 satu dunia.

Selain itu ada nama lain yang menjadi legenda bulutangkis seperti Liem Swie King dengan julukan "King Smash", Rudy Hartono dengan rekor  8 kali juara All England. Ataupun pemain dengan pukulan backhand smash terkeras/cepat Taufik Hidayat dengan kecepatan 260 km/jam.

Tentu saja untuk menggapai prestasi seperti mereka diperlukan cara main badminton yang benar serta berlatih dengan keras. Tetapi walaupun bukan untuk prestasi mengetahui teknik dasar permainan bulutangkis seperti cara pegang raket yang benar, bagi pemula yang ingin belajar silahkan membaca informasi singkat dibawah yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Main Badminton/Bulutangkis Buat Pemula

Yang harus diperhatikan adalah cara pegang raket yang benar karena hal ini akan mempengaruhi kualitas ketika shuttlecock dipukul, berikut ada dua posisi memegang raket:

A. Tehnik Memegang Raket Forehand
Penting Cara Main Badminton Buat Pemula (Pegang Raket, Footwork)


  • Pegang raket dengan rileks dan frame menghadap wajah.
  • Selanjutnya genggam grip diantara ibu jari dan telunjuk sehingga membentuk huruf  "V" atau seperti ketika salaman, pegang kapak/golok.
B. Tehnik Memegang Raket Backhand
Penting Cara Main Badminton Buat Pemula (Pegang Raket, Footwork)


  • Posisi frame raket menyamping
  • Selanjutnya ibu jari menekan grip bagian samping.
  • Sementara jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking berada disisi lain.
Untuk posisi forehand berguna bagi pemain untuk melakukan pukulan lob, smash, ataupun dropshot. Dan untuk backhand terutama harus dikuasai pemain single atau tunggal berfungsi untuk menahan smash ataupun mengembalikan bola secara terarah karena jika posisi grip forehand shutllecock sedikit sulit dikontrol.

baca juga: menjelang Indonesia Open 2018

Untuk diingat tehnik pegangan forehand dan backhand diatas merupakan tehnik dasar, tetapi banyak pemain badminton profesional yang menggunakan tehnik berbeda seperti Hariyanto Arby yang dikenal dengan "smash 1000 watt" dan. Jika diperhatikan sekilas ketika memegang raket seperti memegang gebukan kasur.

Tetapi dengan mengetahui dua tehnik diatas dan dapat melakukan perpindahan pegangan grip dari forehand ke backhand kelak dikemudian hari akan memudahkan dalam mengatur permainan dan sudah pasti akan menghemat tenaga. Demikianlah ulasan mengenai cara main badminton buat pemula mohon maaf apabila ada kekurangan.

Gambar: www.badminton-information.com/badminton_grip.html

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon