Perbedaan Panjang Bidang Penerima Servis Lapangan Bulutangkis Partai Ganda dan Tunggal

Sebagai pecinta bulutangkis saya sering melakukan sparing partner dengan PB dari kampung tetangga. Tetapi dari lapangan outdoor yang dikunjungi ada beberapa tempat yang ukuran panjang lapangan bulutangkis tidak sesuai dengan ketetapan BWF (Badminton World Federation).

Karena panjang lapangan bulutangkis menurut BWF adalah 13,40 meter dengan lebar lapang 6,10 meter. Alasanya karena keterbatasan lahan namun hal ini sedikit mengganggu ketika mengontrol shuttlecock apakah masuk atau keluar bidang permainan akibat tidak terbiasa dengan kondisi lapangan.

Biasanya partai ganda yang sering kami pertandingkan entah karena pembuat lapang tidak tahu karena jarak antara garis servis belakang (untuk pertandingan ganda) dengan garis belakang lapangan terlalu lebar dari yang seharusnya dan ketika menerima servis bola atau kok sering out.

Untuk pemula selain mengetahui cara main bulutangkis yang benar penting juga mengetahui panjang lapangan bulutangkis standar internasional. Misalnya ada perbedaan panjang bidang penerima servis untuk partai ganda dan tunggal, dan bagi yang ingin membuat lapangan bulutangkis dibawah ada informasi singkat mengenai ukuran kedua partai tersebut.

Panjang Bidang Penerima Servis Lapangan Bulutangkis Partai Ganda

Perbedaan Panjang Bidang Penerima Servis Lapangan Bulutangkis Partai Ganda dan Tunggal

  • Panjang bidang permainan 13,40 meter
  • Lebar bidang permainan 6,10 meter
  • Panjang bidang penerima servis 3,96 meter
  • Lebar bidang penerima servis 3,05 meter

Panjang Bidang Penerima Servis Lapangan Bulutangkis Partai Tunggal

  • Panjang lapangan : 13,40 meter
  • Lebar bidang lapangan ketika yang digunakan : 5,18 meter
  • Panjang bidang penerima servis: 4,72 meter
  • Lebar bidang permainan penerima servis : 2,59 meter
Untuk yang masih bingung saya akan memberikan gambaran untuk ganda putra misal si A menerima servis dari B ketika shuttlecock masuk kotak antara garis belakang maka bola dinyatakan keluar dan si A mendapat poin jika menggunakan score 21.

Namun setelah servis untuk partai ganda lapangan digunakan seluruhnya, terkecuali untuk partai tunggal panjang lapangan yang digunakan sama dengan ganda yaitu 13,40 meter. Tetapi lebar bidang permainan yang digunakan sektor tunggal yaitu 5,18 meter.

Demikianlah ulasan mengenai panjang lapangan bulutangkis beserta perbedaan bidang servis untuk partai ganda dan tunggal, mohon maaf apabila ada salah dan penulisan dan semoga bermanfaat.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon