Sekilas Sejarah Bulu Tangkis dan Perkembanganya

Badminton atau dikenal juga dengan bulu tangkis adalah olah raga yang dimainkan dengan bola dinamakan kok. Ada beberapa versi mengenai sejarah bulu tangkis ada kemungkinan perkembanganya dimulai di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu.

Namun ada juga yang menyebut permainan bulu tangkis dari Republik Rakyat Tiongkok. Awalnya disebut Jianzi yaitu permainan masyarakat Tionghoa dengan menggunakan kok tetapi ketika tidak menggunakan raket melainkan kaki untuk memanipulasi kok.

Jianzi memiliki aturan untuk menjaga kok supaya tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Kemudian anak anak di Inggris pada zaman pertengahan memakai dayung atau tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah

Kemudian pada zaman pertengahan di Inggris ada permainan yang begitu populer dikalangan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks. Dayung atau tongkat (Battledores) merupakan alat yang digunakan unuk kok jatuh atau menyentuh tanah.

Di jalanan London permainan ini menjadi mudah ditemukan pada saat itu dan pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun tentang permainan tersebut. Pada perkembangannya orang Inggris memperkenalkan permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand), ketika menduduki Asia.

Tentara Inggris di Pune , India pada abad 19 menambahkan jaring atau yang kita kenal dengan NET saat ini. Sehingga permainan menjadi kompetitif karena dimainkan secara berlawananan. Di India permainan tersebut dinamakan "Poona", yang diambil dari nama kota Pune.

Setelah selesai bertugas ketika kembali ke negaranya para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris sekitar tahun 1850. Pada tahun 1860, Isaac Spratt yaitu seorang penyalur mainan dari Inggris membuat selebaran atau pamflet "Badminton Battledore - a new game" ("Battledore bulu tangkis - sebuah permainan baru". Dia melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire, Inggris.

Sejarah Lahirnya Peraturan Bulu Tangkis

Sekilas Sejarah Bulu Tangkis dan Perkembanganya
foto: wikipedia

Dan akhirnya tercipta peraturan bulu tangkis pertama dibuat oleh pada tahun 1877 oleh Klub Badminton Bath. Dan tidak lama setelah itu atau pada tahun 1893 Asosiasi bulu tangkis Inggris terbentuk.

Kejuaraan Bulu Tangkis Pertama

Kejuaraan bulu tangkis dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1899 yaitu All England (All England Open Badminton Championships) dan menjadi salah satu turnamen bulu tangkis tertua dan paling prestisius/bergengsi di dunia.

Turnamen pun berpindah-pindah lokasi kejuaraan sebanyak enam kali, untuk saat ini All England diadakan di National Indoor Arena, Birmingham, dan sejak 1984 disponsori secara ekslusif oleh Yonex (produsen peralatan badminton).

Juara Pertama  All England

Untuk tunggal putra yaitu Sydney H.Smith, tunggal putri Ethel B.Thomson sementara untuk ganda putra adalah pasangan D. Oakes/Stewart Marsden Massey kemudian ganda putri Massey Meriel Lucas/Mary Violet Graeme, dan juara ganda campuran D.Oakes/Daisey st.John.

Tan Joe Hok pada tahun 1959 merupakan pemain bulu tangkis Indonesia yang pertama kali menjadi juara All England selanjutnya Rudy hartono yang merupakan juara All England dengan pemegang rekor juara 7 kali berturut turut dari 8 kali dimulai dari 1968 dan menjadi juara di tahun 1976. Demikianlah sekilas sejarah bulu tangkis dan perkembanganya semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekurangan.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon