Mengetahui 2 Jenis Pukulan Servis dalam Bulutangkis Yang Sering digunakan

Service bulutangkis adalah pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Ada 2 jenis pukulan sevis dalam bulutangkis yang biasa digunakan.

Dalam melakukan servis arah bola harus menyulitkan lawan sehingga lawan berada pada posisi yang tidak baik/enak ketika mengembalikan shuttlecock. Dengan demikian peluang untuk mendapat poin menjadi lebih besar karena Anda dapat mengontrol kok dengan mudah dari pengembalian  yang salah dari lawan.

Servis dalam permainan bulutangkis ada dua macam yaitu servis forehand dan backhand, umumnya untuk servis forehand digunakan pemain tunggal. Sementara untuk servis backhand lazimnya digunakan pemain sektor ganda.

2 Jenis Pukulan Servis dalam Bulutangkis

 
Mengetahui 2 Jenis Pukulan Servis dalam Bulutangkis Yang Sering digunakan

Terkadang melihat pemain melakukan servis cambukan, flick, drive namun itu merupakan hasil pengembangan kedua teknik dasar bulutangkis backhand dan forehand.

A. Servis forehand
Pukulan servis forehand terbagi dua yaitu forehand tinggi atau yang biasa disebut servis panjang dan satu lagi forehand pendek, perhatikan gambar dibawah.


Mengetahui 2 Jenis Pukulan Servis dalam Bulutangkis Yang Sering digunakan

1. Servis forehand tinggi
Untuk atlet bulutangkis profesional kebanyakan masih digunakan oleh tunggal putri. Cara servis bulutangkis yang benar terlihat pada gambar diatas dimana pemain  "X" mengarahkan kok kebagian belakang pemain" A".

Jika tidak diantisipasi servis panjang tersebut pasti abokan menyulitkan pemain "A" dalam pengembalian bola.

Cara servis forehand tinggi
  • Lakukan konsentrasi sebelum memukul shuttlecock.
  • Supaya kok mengarah ke garis belakang lapangan permainan lawan pukul kok dengan tenaga penuh supaya tidak out pukul kok sedikit keatas.
  • Posisi kedua kaki terbuka selebar pinggul kemudian kedua telapak kaki tetap kontak dengan lantai.
  • Ayunkan raket kebelakang kemudian kedepan dengan diikuti peralihah titik berat badan secara harmonis.
Kesalahan dalam melakukan servis forehand tinggi/panjang
  • Memukul kok kurang tinggi sehingga ketika bola dipukul dengan tenaga penuh menyebabkan bola keluar.
  • Tidak konsentrasi yang menyebabkan arah bola melenceng ke bidang servis sebelahnya atau bahasa awamnya "salah kamar", jika dalam lapangan outdoor bisa juga dipengaruhi oleh angin.
2. Servis forehand PendekUntuk membangun serangan pemain melakukan servis pendek sehingga bola naik sehingga memberi peluang untuk melakukan pukulasn smash atau lob kebelakang.

Cara servis forehand pendek
  • Konsentrasi sebelum memukul kok
  • Ayunkan raket seperti melakukan forehand tinggi supaya tidak terbaca lawan, tetapi ketika kok menyentuk senar hanya diberi sentuhan sedikit dengan tujuan kok jatuh serendah mungkin.
  • Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan dengan posisi sikun dalam keadaan bengkok saat kok dipukul.
Kesalahan dalam servis forehand pendek
  • Kurang percaya diri sehingga kok malah menyangkut ketika dipukul atau bola menjadi tanggung akibat ragu ragu.
  • Jika serve pendek forehand tidak sempurna malah menjadi bumerang sehingga menyulikan pengembalian bola dan lawan dengan mudah belik menyerang.
B. Servis Backhand
Pukulan ini biasanya digunakan pemain ganda tetapi di era bulutangkis modern, pemian single juga menggunakan servis seperti ini. Service backhand terbagi tiga macam yaitu servis backhand pendek, dan filck.

1. Servis backhand pendek

Mengetahui 2 Jenis Pukulan Servis dalam Bulutangkis Yang Sering digunakan

Gambar diatas merupakan cara servis backhand pendek dimana pemain "X" mengarahkan bola sedekat mungkin dengan garis awal area penerima servis jika dilakukian dengan baik maka pemain "A" akan dipaksa mengangkat bola.

2. Servis backhand flick/setengah tinggi
Salah satu pemanin yang piawai melakukan servis jenis ini adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo yaitu memukul kok seolah olah pelan tetapi bola malah dipukul setengah tinggi sehingga lawan terkecoh.

Kesalahan pemain bulutangkis dalam melakukan servis backhand
  • Tidak konsentrasi sehingga arah datangnya bola kepada penerima servis menjadi tanggung.
  • Terlalu pelan dalam melakukan dorongan pada kok sehingga menyebabkan kok out atau tidak sampai pada bisang penerima servis.
Agar dapat melakukan servis bulutangkis yang benar sebaiknya perhatikan sikap berdiri yaitu kaki kanan berada di depan kaki kiri (untuk pemain menggunakan tangan kanan jika pemain kidal posisi sikap berdiri sebaliknya).

 baca juga: Teknik pegang raket

Ujung kaki yang digunakan sebagai tumpuan kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan, kemudian kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki.

Rileks dalam melakukan servis juga bisa menjadi faktor penunjang tingkat keberhasilan, selain berlatih sehingga akan mendapat "feel" yang tepat dalam melakukan servis. Itulah 2 jenis pukulan servis dalam bulutangkis dengan memahaminya Anda meraih kemenangan salam pertandingan terbuka lebar.

Sumber foto: masterbadminton.com

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon